Tuesday 18 April 2017

4 TIPS CEPAT KENALI AUDIENS




Audiens adalah mereka yang akan hadir, melihat dan mendengarkan presentasi yang akan anda lakukan. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya   7 TIPS AMPUH MELAKUKAN PRESENTASI YANG MEMUKAU  bahwa audiens merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi hasil presentasi anda. Dengan cara mengenali audiens yang akan hadir, anda tentunya sudah memiliki peluang besar untuk menyuguhkan sebuah presentasi yang memukau, karna anda akan menyesuaikan presentasi anda dengan audiens yang hadir. Misalnya audiens yang hadir adalah anak-anak, tentunya anda menyiapkan presentasi yang tidak terlalu berat dalam penyampaiannya, kemudian anda menggunakan teknik bercerita dan gambar-gambar yang menarik dalam presentasi anda. Begitulah kira-kira contoh menyesuaikan isi presentasi dengan audiens yang akan hadir.
Di kesempatan ini, saya tidak ingin menjelaskan teknik mengenali audiens dengan pembahasan yang berat, namun saya akan bahas dengan kalimat yang santai, berikut cara-cara dan aspek apa saja yang perlu anda kenali dari audiens :
1.             LAKUKAN ANALISIS SENDIRI


Saat diminta melakukan presentasi atau sebelum hari H anda melakukan presentasi, tentunya anda sudah tau tema acara/kegiatan yang akan anda hadiri tersebut. Nah, tentunya kita akan tau bahwa audiens yang hadir tentunya dari kalangan mana. Misal, anda diminta menyampaikan materi mengenai ”Pentingnya menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi mahasiwa”, tentu anda sudah tau dari kalangan
mana yang hadir, yang akan menjadi audiens anda dalam presentasi yang akan anda sampaikan nanti, tentunya dengan begitu anda akan menyesuaikan materi, dan cara penyampaian sewaktu presentasi nanti.

2.             KENALI LEWAT PENYELENGGARA ACARA


Penyelenggara acara yang meminta anda melakukan presentasi tentunya lebih mengetahui seperti apa acara yang akan dilaksanakan nantinya, sepeti tema acara, audiens yang hadir, waktu yang disediakan, tempat pelaksanaan acara, siapa saja yang mengisi acara tersebut untuk menyampaikan materi, dll. Tentunya dengan informasi yang anda dapat dari penyelenggara acara akan lebih menambah kesiapan anda menyiapkan presentasi yang memukau.

3.             KENALI LANGSUNG LEWAT AUDIENS YANG HADIR


Tentu anda akan sedikit bingung dengan bagian ini “lah, gimana caranya mengenali siapa audiens kita sementara kita aja baru pertama kali mengisi acara di situ?”. Kesempatan untuk dapat mengenali audiens lewat cara ini memang tidak terlalu besar, tapi tetap anda bisa menggunakannya. Kebanyakan mereka yang akan mengisi sebuah acara sering datang di menit-menit akhir akan dimulainya acara, bahkan terlambat. Jika saja anda bisa hadir jauh lebih cepat, tentu anda punya kesempatan berbincang sedikit sekedar bertanya pertanyaan santai kepada beberapa audiens yang juga sudah hadir, “sudah berapa kali dek acara seperti ini dilakukan?”, ”untuk seluruh jurusan, atau dibuka untuk umum juga acara ini?”, dan masih banyak pertanyaan yang dapat anda tanyakan Tentu anda juga akan bertanya ”Emangnya ada pengaruh dengan presentasi kita nanti, kan udah dibuat materinya, kan udah ga ada waktu untuk mengubahnya?” Anda harus mengerti dulu bahwa presentasi memukau tidak hanya bergantung dengan isi materi yang kita tulis atau sampaikan, tapi cara penyampaian atau pembawaan kita untuk mempengaruhi audiens yang hadir itu juga sangat penting. Jika mereka sudah terbawa dengan alur suasana presentasi yang anda bangun tentu mereka akan memberikan aura positif mereka dengan kita dengan cara mendengarkan dengan antusias dan tentunya ini akan membuat kita semakin mantap dengan presentasi kita.

Ada beberapa orang yang menyampaikan materi yang sama persis tapi belum tentu semua diantara mereka akan sama cara meyampaikan nya dan tentunya ada perbedaan dari segi keseriusan dan sikap dari audiens yang hadir. Dengan si A audiens sangat menikmati materi yang disampaikan, namun dengan si B audiens tidak terlalu mengerti dan merasa bosan dengan cara penyampaian materi oleh si B, padahal materi yang disampaikan sama persis. Itulah alasan mengapa saya katakan bahwa teknik penyampaian juga memegang peranan penting dalam sebuah presentasi. Jadi sekarang tentu anda sependapat dengan saya bahwa mengenali audiens sebelum acara dimulai juga sangat penting untuk kita tau teknik yang tepat yang akan digunakan dalam presentasi.

4.             KENALI SAAT PRESENTASI BERLANGSUNG



Saat sudah tiba waktunya presentasi, anda tetap dapat mengenali audiens yang hadir, seperti keseriusan mereka saat mendengarkan anda. Kemudian di saat sesi tanya jawab anda juga bisa mengenali audiens lewat pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan, pertanyaan tersebut itu menggambarkan bahwa hal itu lah yang sedang mereka ingin dengarkan, ingin mereka ketahui lewat materi yang anda sampaikan.

Jika anda dapat melakukan 4 hal di atas ataupun beberapa diantaranya, tentu anda sudah dapat menyiapkan sebuah presentasi yang baik bahkan memukau.

Belajar bisa lewat mana saja, asalkan ada niat, kemauan dan usaha yang besar dari anda”

“Berani memulai sesuatu bukan berarti anda sudah menguasai sesuatu tersebut, tetapi karna anda tau bahwa belajar itu dapat sambil berproses secara bersama-sama, belajar sambil berjalan/berproses”

No comments:

Post a Comment