Wednesday 17 May 2017

SUDAH EFEKTIFKAH WAKTU 24 JAM KAMU? : 7 CARA MENGGUNAKAN WAKTU 24 JAM/HARI SECARA EFEKTIF



Kalau ngomongin masalah waktu, pasti ga akan memakan “waktu” yang nggak sedikit, hehe. Apapun yang diomongin pasti berhubungan dengan waktu apalagi “waktu” itu sendiri. Kamu pasti sering kan menyalahkan “waktu” atas hasil yang kurang memuaskan dari segala aktifitas yang kamu lakukan, ngaku aja haha…
“aduh sedikiiiiiit lagi pasti selesai, kamui waktunya masih ada…”

“ya wajar dong dia bisa seperti itu, kan dia lebih nggak sibuk, makanya waktunya lebih banyak untuk ngelakuin itu…”
Dan masih banyak lagi contoh-contoh kalau kita sering “menyalahkan” waktu atas segala aktifitas yang kita lakukan. Padahal orang-orang sukses di dunia seperti Steve Job, Bill Gate, dan Mark Zuckerberg juga memiliki jumlah waktu yang sama “24 jam”, jadi ini bukan masalah “waktu” yang kurang atau tidak cukup tapi ini semua masalah bagaimana cara kita menggunakan waktu kita secara efektif. Seperti sama-sama kita tau bahwa waktu kita perhari itu sama yaitu 24 jam. Perbedaannya terletak pada cara kita menggunakan waktu tersebut, apakah sudah efektif atau efesien?
Kita pernah mendengar pepatah lama yang masih sangat sering kita dengar “Roma tidak dibangun dalam sehari”. Yang kurang lebih dapat kita artikan bahwa “perlunya waktu untuk menciptakan hal-hal besar”. Bukan hanya sebulan, setahun, puluhan tahun bahkan ratusan tahun.
Nah lho, gimana ceritanya kita bisa menciptakan hal-hal besar dalam hidup ini, kalau mengatur waktu untuk menyelesaikan hal-hal kecil saja kita udah kerepotan
Berikut saya ingin berbagi tips untuk kita semua terlebih termasuk saya sendiri, mengenai cara menggunakan waktu 24 jam kita secara efektif sehingga makin maksimal, efektif dan makin banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan.
1.       BANGUN TIDUR LEBIH CEPAT


Wadaww…Buat yang suka begadang kayak saya, ini mah cobaan haha
Paling nggak kita semua pasti pernah bangun lebih cepat misal jam 4 atau 5 pagi walaupun tidak sering, dan kita merasa hari kita waktu itu lebih terasa lebih positif, banyak hal yang bisa kita kerjakan, dan lebih semangat sampai tidur malam kembali. Walaupun kita sama-sama sudah sadar, tau kalau banyak manfaat yang kita dapatkan kalo kita bangun tidur lebih cepat, tapi sulit untuk diterapkan apalagi untuk yang hobby begadang.

Berikut jam bangun tidur orang-orang sukses yang berkisar antara jam 03:00-04:00, CEO Apple Tim Cook, Direktur NextDesk Dan Lee, CEO Twitter Dan Dorsey, CEO Chrysler Sergio Marchionne, dan CEO Ellevest Sallie Krawcheck.

Kemudian kisaran jam 04:00-05:00, Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama, CEO AOL Tim Armstrong, CEO Disney Bob Iger, CEO Virgin America David Cush, dan CEO Starbucks Howard Schultz.

Itu beberapa jam bangun tidur orang sukses, dan masih banyak lagi…
Yang jelas banyak hal yang bisa dilakukan sehari penuh jika kita bangun lebih awal, logikanya aja kalau kita bangunnya kesiangan ya otomatis dong banyak waktu yang kita buang, otomatis rejeki juga. “Jangan bangun kesiangan, entar rejeki lo dipatok ayam..” Pasti pernah dengar pepatah itu dong. Sudah sangat jelas kerugian yang kita dapat kalau bangun kesiangan, orang yang bangun pagi udah bisa ngelakuin banyak hal sementara kita masih ngorokkk, mereka udah selesai beberapa pekerjaan sementara kita baru bangun, yaw ajar dong apa yang kita dapat berbeda dengan mereka. Jadi ini bukan masalah waktu yang kurang tapi  karna kita yang membuang waktu kita secara sadar.

2.       VISUALISASIKAN RENCANA/TUJUAN 

Buat yang hobbynya ngayal boleh nih hehe…
Tapi ini bukan sekedar ngayal ya, tapi lebih kea rah memberikan sugesti positif terhadap diri, dengan salah satu caranya memvisualisasikan tujuan kita. Kalau saya itu hobby banget ngayal, ngebayangin tujuan/goal atau mimpi saya itu tercapai, karna ada orang bijak mengatakan “jika kamu bisa ngebayangin suatu hal, kamu juga akan bisa mendapatkan/merealisasikannya”. Tapi kita juga harus sama-sama tau kalo cumin ngayal, ngebayangin tanpa dibarengi action yang ga akan dapat juga hehe.

Nah, jadi kalo kita sudah bisa memvisualisasikan apa yang kita mau lakukan, hal itu membuat kita lebih terarah/tertata dalam menggunakan waktu kita, sehingga tidak ada waktu untuk kita bingung, karna tidak tau mau melakukan apa, sehingga waktu 24 jam/hari kita pun terbuang dengan percuma.

3.       LIAT VIDEO/CERITA MOTIVASI

Buat saya salah satu cara paling ampuh untuk membuat saya semangat dan positif menghadapi hari adalah dengan membaca cerita-cerita orang sukses ataupun melihat video motivasinya secara langsung, dan kalau bisa berkaitan dengan aktifitas/pekerjaan kita, sehingga membuat kita lebih semangat. Kalo udah semangat kemungkinan kita lebih efektif dalam menggunakan waktu semakin besar. Dapat dibayangkan dong kalo kita ga punya semangat/gairah, bawaannya cuman dikasur aja dari mulai bangun tidur sampai tidur malam lagi, sehingga waktu seharian pun terbuang percuma tanpa ada perubahan positif dalam hidup kita, dan bahkan bisa menambah masalah yang ada.

4.       SARAPAN SEHAT

Nah, ini nih yang suka dilewatkan kebanyakan orang, yaitu sarapan sehat. Sudah pasti tau dong apa tujuannya, yaitu agar kita lebih fokus dan optimal dalam melakukan segala aktifitas kita. Kan udah banyak tu iklan-iklan di TV tentang beragam jenis sarapan sehat, dan pentingnya sarapan sehat untuk tubuh. Kalo untuk pelajar katanya biar ga mudah ngantuk di dalam kelas, ya pasti dong. Kalo tubuh kita udah diisi dengan sarapan sehat, tubuh kita akan lebih segar, fit dan membuat aktifitas kita menjadi optimal

5.       OLAHRAGA

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, pernah dengar pepatah itu? Pasti pernah dengar dong. Kalau udah sakit aja baru terasa berharga sehat itu, kalau udah sakit segala aktifitas kita juga tentunya akan terganggu. Boro boro deh mau ngelakuin banyak hal seharian, buat ngelakuin beberapa hal aja terasa sulit kalo kita sakit. Jadi ayok kalo mau semangat, sehat, kuat menjalani aktifitasnya kita harus sehat dengan membiasakan olahraga. Olahraga gak harus lama dan membutuhkan biaya seperti kita ke tempat gym/fitness, kita dapat melakukan olahraga gratis seperti push up, lari-lari sekitar rumah, dll. Jika kita sudah membiasakan olahraga tubuh kita akan lebih sehat, dan tentunya akan menunjang produktifitas kita seharian.

6.       LAKUKAN HAL YANG KAMU SENANGI / MEMBUATMU NYAMAN


“Hidup ini terlalu berharga kita sia-siakan untuk hal yang tidak bermanfaat” Hidup ini juga singkat, jadi kita harus/wajib dah pokoknya kita isi dengan hal-hal yang bermanfaat tak hanya untuk diri kita sendiri tapi untuk orang lain. Siapa sih yang ga mau di masa tuanya nanti hal-hal yang dilakukannya cuman istirahat, santai, bahagia setiap hari, tapi kebanyakan dari kita salah cara “menikmati/mengisi” waktu muda kita dengan hal-hal yang tidak ada manfaatnya. Ada yang bilang “lebih baik sakit-sakit di waktu muda, tapi bahagia di masa tua” tapi ada juga yang bilang “nikmati selagi muda bro, karna moment ini gak akan terulang kembali” yappss semuanya itu ga ada yang salah, yang salah adalah cara kita menikmati/mengisi hari-hari tersebut, apakah bermanfaat atau percuma.

Jadi ayok sama-sama kita teliti/lihat kembali segala macam aktifitas kita, apakah itu ada manfaat untuk orang banyak atau manfaat untuk hari tua kita. Jangan sampai ya guys kita ngelakuin hal-hal yang kita anggap penting untuk sekarang tapi sama sekali ga ada manfaat untuk ke depannya yang sama artinya kalau aktifitas yang kita lakukan hanya terbuang percuma/tidak produktif.
Lakukan lah hal yang kamu senangi dan membuatmu nyaman tapi tetap harus ada manfaat ke depannya, baik untuk diri kita sendiri terlebih lagi untuk orang lain.

7.       TIDUR LEBIH AWAL

Sama halnya dengan tips no.1, tips ini akan terasa sangat sulit dilakukan jika kita memiliki hobby begadang. Tips no.1 dan no.7 ini akan saling berkaitan, jika kita tidak bisa melakukan tip no.1 makan tips. 2 terasa sulit begitupun sebaliknya.  Jika kamu menonton televisi sampai tengah malam, kamu harus mengubah kebiasaan tersebut dan mulai beristirahat selama delapan atau 7 jam per malam. Para ahli umumnya merekomendasikan tujuh sampai sembilan jam semalam untuk orang dewasa sehat. Jika kita benar-benar ingin memaksimalkan waktu 24 jam yang kita miliki, kita harus mulai beristirahat dengan baik sehingga kita akan memiliki energi yang tepat untuk mengatasi semua tugas atau aktifitas yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment