Friday 14 April 2017

MANUSIA TAK BISA HIDUP SENDIRI : BUTUH BANTUAN ORANG LAIN



Hallo guys..
Hari ini seperti biasa aku melaksanakan kewajiban ku sebagai seorang manusia yang berjenis kelamin laki, “tau gak apa?”, “nguras air di bak mandi, betulin atap yang bocor”, yaapp semuanyaa benar tapi gak tepat, hehe. Ya jelas aja gak tepat, kan hari ini hari jum’at ya jelas dong kewajiban seorang lelaki yang beragama islam adalah menunaikan ibadah sholat jum’at..
Kebetulan hari ini saya jum’atannya di mesjid depan komplek perumahan, ya kira-kira 2 menit perjalanan menggunakan alat transportasi yang aku miliki sejak lahir yaitu sepasang kaki, Alhamdulillah.
Nah, seperti biasa setiap sholat jum’at pasti ada yang namanya khutbah yang disampaikan khatib oleh pak ustad karna kebetulan saya belum dipercaya untuk menjadi khatib, haha. Singkat cerita khatib menyampaikan khutbah tentang “ Manusia itu tidak bisa hidup sendiri”. Teman-teman semua juga pasti
pernah belajar sewaktu di bangku sekolah ataupun mendengar dari orang lain bahwa kita sebagai manusia itu adalah makhluk sosial, yang kurang lebih artinya kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri di dunia ini, karna kita membutuhkan bantuan, dukungan atau peran dari orang lain. Nah, seperti yang pak ustad bilang tadi “Nasi kita yang tiap hari itu datangnya dari mana?”, ya nasi yang kita makan datangnya dari para petani yang gak kita kenal malahan, setelan padi yang dipanen petani, padi-padi tersebut selanjutnya diolah oleh pabrik, singkat cerita sampailah beras itu di tangan kita lewat pedagang, kemudian  kita masak jadi nasi menggunakan ricecooker yang juga dibuat oleh orang. Nah lho panjang amat haha, ya kurang lebih seperti itu, menjelaskan secara singkat bahwa kita ini gak bias hidup sendiri, pasti bergantung sama orang lain, kita aja yang gak sadar bahwa banyak hal dalam hidup ini, yang kita gunakan dan kita nikmati itu ada kontribusi dari orang lain gak murni dari kita sendiri.
Contoh bahwa kita itu makhluk hidup yang gak bisa hidup sendirian itu yang  paling sadisss, udah kayak lagu afgan aja.. ”kalo kita meninggal nanti kira-kira bias nguburin diri kita sendiri gak?” nah lhoo hahaa, ga bisa kan?ya jelas ga bisa lahhh…Jadi kesimpulannya menurut aku kita sebagai manusia jangan pernah mikir kalo kita bisa ngelakuin sesuatu hal karna murni usaha kita sendiri, ataupun berpikir bahwa aku gak perlu lah ribet-ribet buat baik sama orang, karna aku juga ga butuh bantuan si dia, blab la bla, jangan sampai kalian pernah mikir seperti itu karna kita gak akan tau ke depannya seperti apa, karna roda itu selalu berputar ada masanya kita berada di posisi punya segalanya sehingga berpikiran mudah untuk kita mendapatkan hal-hal yang kita mau, tapi di saat kita berada di bawah pastinya akan sangat jelas dan membuat kita sadar kita ga bisa sendiri. Alangkah baiknya buat kita, siapapun atau dimanapun posisi kita saat ini kita tetap belajar menghargai dan menyadari kita hidup di dunia akan lebih bermakna dan terasa mudah jika bersama. 


 Sepeti biasa di setiap konten yang aku tulis, aku sertakan gambar kutipan yang aku buat sendiri dengan software photoshop, yang tujuannya kalian semua gak bosen bacanya, pluss dapat motivas untuk kita sama-sama jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Hidup bersama-sama itu lebih asik guys..sampai ketemu di post selanjutnya ya..




1 comment:

  1. Halo,
    Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Jane Alison, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete