Sunday 16 April 2017

TIPS AMPUH BERHENTI MEROKOK



www.flickr.com

1.         TEMUKAN ALASAN MENGAPA KAMU INGIN BERHENTI?
Agar niatan berhenti merokokmu lebih kuat, kamu harus tau dulu apa alasan terbesarmu sehingga kamu ingin berhenti merokok, mungkin dikarenakan kamu ingin terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker paru-paru, jantung, kanker mulut dan sebagainya. Setelah kamu tau apa alasan kamu ingin berhenti merokok, jadikan itu motivasi terkuatmu, selalu ingat alasan itu setiap kali kamu ingin merokok.

2.    KENALI DAN PELAJARI MENGENAI PENYAKIT/AKIBAT NEGATIF YANG KAMU DAPATKAN JIKA TETAP MEROKOK
Sama hal nya dengan tips no.1, kamu harus tau jenis-jenis penyakit yang ditimbulkan akibat merokok. Pengetahuan yang baik mengenai penyakit-penyakit yang disebabkan rokok akan membuat kamu takut ataupun dan tentunya hal ini akan meminimalisir keinginan kamu untuk merokok.

3. BIASAKAN MENGGANTI ROKOK DENGAN PERMEN KARET/PELEGA TENGGOROKAN
Biasanya seorang pecandu rokok memiliki waktu-waktu khusus yang membuat rokok wajib menjadi santapan mereka, seperti di waktu kerja ataupun istirahat, nongkrong bersama teman, nongkrong di wc
hehe dan sehabis makan. Nah itu beberapa waktu “wajib” seorang pecandu rokok. Setelah tau waktu-waktu yang membuat kamu ingin merokok, biasakan mengganti rokok dengan permen karet ataupun permen pelega tenggorokan dengan sensasi dingin, hal ini akan membuat keinginan merokokmu akan berkurang.

4.        CERITAKAN NIATAN BERHENTI MEROKOKMU DENGAN ORANG DI SEKELILING, TERUTAMA ORANG TERDEKAT
Dengan begitu orang-orang yang tau akan niatan berhenti merokomu akan memberikan dukungan kepada kamu, seperti dalam hal mengingatkan di saat kamu ingin merokok. Sekalipun teman kamu yang masih merokok pasti mereka akan tetap mengingatkanmu. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas hidup sehat yang membuat kamu jauh dari rokok.

5.        MINUM BANYAK AIR PUTIH
Dengan konsumsi air putih yang banyak akan membuat proses detoksifikasi nikotin yang ada dalam tubuhmu lebih cepat dan membantu paru-paru kamu lebih mudah bekerja dalam mengeluarkan lendir akibat rokok.

6.        TEMUKAN ARTI “SANTAI” YANG SESUNGGUHNYA
Alasan yang berada paling atas seseorang merokok adalah untuk mendapat suasana santai dengan anggapan rokok membuatnya lebih rileks. Setelah kamu membaca mengenai akibat buruk yang disebabkan oleh rokok harus nya kamu tau bahwa untuk mendapatkan suasana rilek/santai dengan rokok adalah hal yang salah. Tapi gantilah aktifitas tersebut dengan hal positif yang membuat kamu rileks seperti “olahraga, mendengarkan musik favorit kamu, pijat, ataupun menyibukkan  dirimu dengan hobby, hal ini akan mengalihkan perhatianmu dari rokok.

7.        SELALU MENYIAPKAN CEMILAN SEHAT DI SAAT BERAKTIFITAS
Hal yang paling sulit untuk menghindari keinginan merokok adalah di saat melihat seseorang merokok di sekitar kita apalagi teman-teman yang beraktifitas bersama kita. Sehingga cara yang ampuh untuk menghindarinya adalah dengan mengkonsumsi cemilan sehat yang kita bawa.

8.        BUAT ATURAN KHUSUS DENGAN ORANG TERDEKAT
Jika kamu punya pasangan, mintalah dia untuk membantumu untuk ikut dalam aturan yang kalian buat berdua, seperti “melakukan beberapa hukuman jika kita merokok, ataupun memberikan denda berupa uang yang telah disepakati bersama”. Dengan hal tersebut lama kelamaan kamu semakin tau bahwa rokok tidak ada manfaatnya sama sekali untuk hidup.

Sebagai kesimpulan, saya mau menyampaikan bahwa tips di atas tidak ada gunanya jika kamu sendiri tidak serius dalam menjalaninya. Walaupun untuk berhenti merokok tidak akan bisa terjadi dalam waktu yang sebentar, tapi percayalah jika kamu konsisten dan serius mengurangi rokok yang kamu konsumsi kamu akan mendapatkan hasilnya. Semua butuh proses, dan setiap proses tidak akan ada manfaatnya jika kamu sendiri tidak konsisten dan percaya.












No comments:

Post a Comment