Wednesday 26 April 2017

APAKAH SUDAH EFEKTIF KITA MENGGUNAKAN WAKTU 24 JAM/HARI ?




Waktu merupakan hal sangat berharga, yang tidak akan pernah bisa terulang kembali. Seberapa lama waktu kita di dunia sudah ditentukan oleh Allah, tuhan yang maha kuasa. Saking pentingnya kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “waktu adalah uang” waktu adalah kesempatan dan waktu juga dapat dikatakan harapan yang kita miliki dalam hidup.
Walaupun kita semua sudah sering mendengar ungkapan di atas, tetap saja kita sering membuang waktu kita dengan kita sadari ataupun tidak. Seperti halnya “uang” tentunya jika kita tidak menggunakannya dengan baik pastinya juga tidak ada kebaikan yang kita peroleh, apalagi jika kita membuangnya secara
sia-sia tanpa menggunakannya sedikitpun. Kebanyakan kita menyepelakan hal ini dengan anggapan “masih ada waktu” sehingga semua aktifitas yang kita lakukan selalu ditunda, namun jika sudah terjadi hal yang merugikan barulah kita sadar dan meyesal sampai-sampai kita menyalahkan waktu dengan beranggapan waktu yang tersedia kurang ”aduh, waktunya ga cukup makanya saya gagal….” Padahal yang terjadi bukanlah waktu yang tersedia sedikit, namun kita yang tidak memanfaatkan waktu yang tersedia dengan maksimal dan efektif.



Tentu kita juga pernah membaca, mononton ataupun mendengar secara langsung kisah-kisah orang sukses yang melakukan banyak hal positif dan berguna bukan hanya untuk dirinya bahkan untuk orang banyak, dalam sehari. Pernah juga kita lihat ada sesorang yang umurnya sudah kepala 5 namun kehidupan finansialnya tidak lebih baik dibanding dengan seseorang yang baru berumur kepala 3, padahal waktu yang telah diberikan kepada kita dalam sehari semuanya sama yaitu 24 jam/hari. Seperti yang saya katakana di atas bahwa kebanyakan dari kita selalu beranggapan ”masih ada waktu” untuk setiap aktifitas yang kita lakukan sehingga kebiasaan menunda pekerjaanpun sudah menjadi hobby kita. Tentu tidak ada kebaikan yang kita dapat dari kebiasaan dan hobby seperti itu.


Padahal kita tahu bahwa jika kita bisa menyelesaikan aktifitas/pekerjaan kita sekarang, pasti kita akan dapat melakukan aktifitas lainnya, sehingga semakin banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan, dan tentunya kita akan terhindar dari beragam masalah. Misal kita sebagai mahasiswa/pelajar diberikan PR oleh dosen dan guru, harusnya jika sampai di rumah dan kita mempunyai waktu kosong alangkah baiknya kita langsung menggunakan waktu tersebut untuk menyelesaikan PR yang diberikan, bukannya berpikir “ah, masih ada waktu, nanti aja dikerjain, mau santai dulu mau nonton tv dulu, mau main game dulu…” Padahal tanpa kita sadari kita telah membuat kesalah dan tentunya akan berpengaruh terhadap PR yang diberikan. Harusnya PR yang diberikan bisa kita selesaikan, namun karna waktu yang tersedia makin berkurang kita pun tidak menyelesaikan PR tersebut, jika pun kita bisa menyelesaikan PR tersebut, tentu hasilnya tidak akan sebaik jika kita mengerjakan PR tersebut dengan waktu yang cukup tidak terburu-buru karna waktu yang harusnya cukup kita buang percuma dengan aktifitas yang tidak seharusnya kita jadikan prioritas dibandingkan PR yang diberikan dosen atau guru kita.
Sama halnya untuk kita yang sudah bekerja, kita tentunya sering diberikan tugas tambahan oleh bos kita. Si bos  meminta kita untuk membuat laporan penjualan hari ini yang harus selesai dan diserah besok pagi. Kita beranggapan waktu yang tersedia masih ada dan dapat dikerjakan di rumah saja, padahal saat itu kita bisa saja mengangsur pekerjaan tersebut sehingga semakin cepat selesai dan tidak terlalu banyak lagi yang kita harus kita kerjakan di rumah, namun kita lebih memilih untuk mengobrol dengan teman kerja tanpa melakukan apapun untuk mengangsur pekerjaan tersebut. Setelah sampai di rumah harusnya kita dapat menggunakan waktu kosong kita untuk istirahat, karna pekerjaan yang diberikan si bos belum sedikitpun tersentuh akhirnya mau tidak mau kita mengorban waktu istirahat kita untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan di tempat kerja. Begitulah kira-kira gambaran kebanyakan dari kita masih menyepelekan dan memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dan sering mengatakan “waktunya kurang nih, sedikit lagi pasti bisa selesai…” padahal kita juga tau bahwa orang dapat menjadi sukses karna mereka menggunakan waktu yang tersedia lebih baik dibandingkan kita. Waktu yang diberikan Allah sama yaitu 24 jam, ada yang menggunakannya dengan efektif sehingga banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan, namun ada juga hanya beberapa pekerjaan yang bisa seseorang selesaikan, bahkan ada yang sama sekali tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan atau dalam artian seseorang tersebut membuang waktu yang tersedia dengan sia-sia.


Tentu dapat kita ambil kesimpulan bahwa, hasil yang didapat seseorang dalam hidup ini akan berbeda-beda tergantung seberapa efektifnya mereka menggunakan waktu yang ada. Pada kesempatan selanjutnya saya akan menulis artikel mengenai 7 Cara Efektif Menggunakan Waktu 24 jam/hari














No comments:

Post a Comment