Friday 19 May 2017

Fenomena Nikah Muda




Hallo semua, tetap semangat, masih semangat dan haaaaarus semangat !  
Nikah? Hayoo siapa yang udah nikah, tunjuk tangan hehe
Nikah buat kita orang timur mungkin udah dapat dikatakan bukti keseriusan suatu hubungan “kalau kamu serius denganku, datangin orang tuaku lamar dan nikahin aku…haha.”  ya dapat dibilang itu udah puncak atau dapat dikatakan langkah awal untuk membentuk suatu
hubungan yang serius, yaitu keluarga. Kalau di agama kan itu udah sunah nabi Muhammad, jadi kalau kita nikah berarti udah ngejalanin salah satu sunah nabi besar kita.
Tapi pernah dong liat orang barat, tidak semua dari mereka menganggap nikah itu suatu hal yang penting untuk dilakukan dalam suatu bentuk hubungan, sebagian dari mereka menganggap kalo udah nikah udah ga bisa bebas atau dalam artian mereka tidak terlalu menyukai hubungan yang mengikat seperti pernikahan. Makanya sering kita liat di eropa sana mereka mempunyai anak tanpa didasari ikatan pernikahan sama sekali. Namun ada juga yang melangsungkan pernikahan. Ada yang punya anak setelah pernikahan dan ada yang setelah punya anak baru melangsungkan pernikahan, ya sama-sama kita tau lah kalo mereka sangat bebas untuk urusan begituan…
Kita di Indonesia ada juga kok yang punya anak dulu baru nikah, wkwkwk. Namun pandangan mengenai pernikahan itu wujud/bentuk keseriusan suatu hubungan itu masih ada.
Eh tunggu dulu, bahas nikah mudanya kapaannnn?haha
Iya ni kalo ngomongin nikah muda ya dari jaman dulu juga ada ga cuman sekarang. Ada yang pro ada juga yang kontra. Ya kalo yang pro kebanyakan dari mengatakan kalo mereka pengen jarak umur mereka dengan si anak enggak jauh, ya kalo anak udah besar mereka tetap bisa main ke sana-sini karna masih muda masih memiliki tenaga yang banyak sekaligus dapat mengurus anak mereka sampai benar-benar bisa mandiri dengan tenaga yang masih banyak karna umur yang masih muda.  Kemudian juga alasan mereka nikah muda adalah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dari pada pacaran yang aneh-aneh mending nikah.
Mereka yang kontra berpendapat kalo nikah muda sangat berpotensi mengalami berbagai masalah di pernikahan seperti perbedaan pendapat, tanggung jawab yang pada akhirnya berujung ke suatu perceraian, yang mereka yakini hal tersebut dikarenakan faktor psikologis yang belum stabil. Mereka (yang kontra) beranggapan umur yang masih muda memiliki emosi yang berlebihan sehingga di saat menemukan permasalahan di keluarga tidak dapat diselesaikan dengan baik yang memicu pertengkaran, yang pada akhirnya berujung ke sebuah perceraian. Itu menurut  kebanyakan mereka yang kontra.
Untuk sama-sama kita ketahui umur yang masih muda memang sangat identik dengan pengendalian diri yang belum baik, ehh tapi kita juga faham dong kalo umur ga menunjukan kemampuan sesorang dalam mengendalikan diri. “tua-tua gak berakal…” pernah dong dengar kalimat seperti itu. Yapp itu salah satu bukti kalo umur bukan ukuran mutlak/pasti melihat kesiapan seseorang dalam mengendalikan diri. Ada orang tua bijak ada pula makin tua makin tak berakal, namun ada juga mereka umurnya yang masih muda sudah memiliki kematangan berpikir dan bersikap dibandingkan orang yang lebih tua dari mereka.
Ya kalo aku sih kalo emang udah siap lahir batin yowess lanjut, ya seperti kata pendapat mereka yang pro, kalo nikah muda umur anak kita sama kita ga terlalu jauh, jadi kita masih sehat ga sakit-sakitan saat anak kita nikah, sampai punya cucu, cicit hehe. Tapi tetap aku dengarin pendapat yang kontra, yang ditakutan adalah emosi yang belum stabil bisa menghancurkan pernikahan.
Ada yang nikah muda terus cerai tapi juga ada yang nikah di umur yang dapat dikatakan udah sangat matang tetap aja cerai, begitu juga sebaliknya ada juga yang pernikahannya harmonis aja sampai kakek nenek, padahal mereka dulunya nikah muda. Kalo ada yang pro dan kontra wajar dong, tergantung dari sisi mana mereka yang membahasnya. Apalagi yang dibahas masuk kategori penting gilaaa hehe “Nikah coyy…”.
Seperti yang aku bilang tadi, aku pengen nikah muda, bukan karna teman-teman udah banyak yang nikah muda, dengan alasan yang sama seperti mereka yang pro. Namun aku berpikir masih belum siap lahir batin, emosi aja masih ga terkontrol, uang hidup buat sendiri masih sulit coy huhuu, ya seperti yang ditakutkan mereka yang kontra tadi.
Kesimpulannya, ayokkkk kemooon deh kita jadi pribadi yang lebih baik lagi, semangat perbaiki diri luar dalam. Dalamnya ya seperti sikap kita, kalo luarnya mungkin lebih ke finansial ya, karna finansial juga bisa jadi masalah besar dalam suatu pernikahan. ”gara-gara tidak kuat menahan lapar, seorang suami tega melempar bayinya ke tungku pembakaran yang sedang menyala…” Nah lhooo.
Kesiapan dari luar itu bukan operasi plastik yaa biar luarnya bagus wkwkwk.
Tidak ingin nikah muda atau siap nikah muda itu terserah keputusan kalian semua, asal jangan cerai kalo udah nikah, dan tentunya dapat membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, itu yang paling penting. Gimana biar ga cerai? Gimana biar keluarganya nanti samawa, ya siapin deh matang-matang semuanya tadi, luar dalam. Jangan pengen enaknya aja wkwk
Oke, istirahat dulu deh…
Jangan dipikirin sampai pusing gitu, kalo emang belum siap jangan dipaksain, kalo udah siap juga jangan banyak mikir entar di tikung orang.
See u, Keep positive ya!

No comments:

Post a Comment